Sabtu, 26 Mei 2012

definisi tenses


Definisi Tenses
Tenses adalah tata kalimat, yaitu suatu pola kalimat yang digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Tenses terbagi atas :
1.   tenses yang bentuk lampau, yaitu tenses yang digunakan untuk membuat kalimat mengenai hal yang sudah terjadi, dan kita membicarakannya sekarang. Tense ini ditandai dengan kata past, yang menandakan lampau. Dalam tenses lampau ada beberapa bagian, yaitu:
·         Simple Past tense. 
Polanya S + Verb–2 + O. 
Penggunaan Simple Past tense adalah untuk menyatakan suatu kegiatan yang terjadi pada suatu titik waktu lampau. 
Contohnya:  I walked home after the party last night ( Saya berjalan kaki kerumah setelah pesta malam lalu ( malam kemarin )
Jenis pola kalimat ini sering digunakan dalam menceritakan kejadian yang telah terjadi, seperti pengalaman, dongeng, sejarah, atau yang kita lakukan sedetik terakhir. Saya sering menggunakan pola kalimat ini saat saya menceritakan tentang kegiatan atau pengalaman saya.

·         Past continuous tense. 
Polanya:  S + was / were + Verb-ing. 
Dalam pola kalimat ini digunakan kata kerja berakhiran –ing. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung di waktu lampau saat kegiatan lain menyela. 
Contohnya:  I was walking home when I met Dave (Saya sedang berjalan ketika Saya bertemu Dave), 
dan menyatakan dua kegiatan berlangsung bersamaan di waktu yang lampau, contohnya : while Kevin was reading book, Karina was watching television (ketika Kevin membaca buku, Karina sedang menonton televise), juga menyatakan suatu tindakan yang berlangsung pada suatu waktu spesifik di masa lampau, contohnya Delia was watching TV at seven o’clock last night (Delia sedang menonton TV pada jam 7 malam kemarin). 

·         Past perfect tense. 
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu tindakan / kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lain di waktu lampau, biasanya ada dua atau lebih kegiatan yang beriringan. 
Pola kalimatnya adalah S + had + Verb-3. 
Contohnya when Sarah arrived at the party, Paul had already gone home ( ketika Sarah datang ke pesta, Paul sudah pulang kerumah ).

·         Past perfect continuous tense. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dimulai sebelum waktu pembicaraan pada waktu lampau dan berjalan terus sampai waktu itu, atau baru saja selesai/terjadi sebelum orang itu bebicara. Tense ini umumnya menyatakan kegiatan/peristiwa berdurasi di waktu lampau.
Pola kalimatnya adalah S + Had + been + V-ing.
Contohnya It has been raining for two hours ( sudah terjadi hujan selama dua jam ).
2.  Tenses yang digunakan untuk masa sekarang atau yang sedang terjadi. Seperti jika kita sedang memasak, sedang menulis, sedang membaca, dan lainnya. 
Untuk menulisnya dalam bahasa inggris kita harus menggunakan present tense. Tenses ini ditandai dengan kata present. Tenses ini ada berbagai macam,yaitu :
·         Simple present tense.
Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan atau kegiatan yang terjadi berulang – ulang dan atau terus menerus. 
Pola kalimatnya adalah S + V-1 + O, V-1 ditambah s/es.
Contohnya: I usually go away at weekends ( saya biasanya pergi di akhir minggu ).
Pola kalimat ini digunakan jika kita membuat kalimat, misalnya kegiatan yang biasanya kita lakukan, atau berulang, atau masih terjadi. Jika ingin membuat kalimat negatif, tinggal tambahkan kata not setelah to be ( are, am, is ).

·         Present continuous tense. 
Pola kalimatnya S + is/sre/sm + V-ing + O.
Contohnya I’m going to bed now ( saya pergi ke tempat tidur sekarang ). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung sekarang ( Now ) atau sekitar waktu, juga untuk menyatakan suatu kegiatan yang akan terjadi segera. Jika ingin membuat kalimat negatif tinggal tambahkan kata not setelah to be. 
·         Present perfect tense. 
Polanya S + have/has + V-3.
Contohnya I’ve just had lunch ( baru saja saya sudah makan ). Pola kalimat ini digunakan jika kita baru saja melakukan sesuatu / menyatakan suatu kegiatan yang sudah rampung/selesai dikerjakan sekarang. 

·         Present perfect continuous tense. 
Pola kalimatnya S + have/has + been + V-ing 
Contohnya It has been raining. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan pada waktu lampau dan sekarang masih berlangsung dan ada kemungkinan masih akan terus berlangsung.
3.  Tenses yang digunakan untuk membuat kalimat mengenai hal yang akan terjadi atau yang akan kita lakukan, yaitu future tense. Pola kalimat ini ditandai dengan kata future, yang berarti masa depan.
Future tense ada beberapa macam, yaitu:

·         Simple future tense polanya S + shall/will + V1 atau S + is/am/are + going to + V1.
Penggunaanya, jika menggunakan shall/will, berarti bentuk yang akan tidak terencana, spontan akan terjadi bilamana suatu kondisi tertentu terpenuhi. Contohnya I shall meet you tomorrow. Jika menggunakan to be going to, berarti bentuk yang sudahterencana atau sudah pasti. Contohnya I will go and shut it


PRESENT FUTURE TENSE
Present Future Tense untuk menceritakan suatu hal yang akan terjadi di masa yang akan datang. Belum terjadi sekarang, tapi besar kemungkinan akan terlaksana di masa yang akan datang. Strukturnya adalah sebagai berikut :
Subject + will/shall + Verb1 + Object
Contoh kalimat :
- Saya akan memasak nasi => (I will cook rice).
- Kamu akan memasak nasi => (You will cook rice)
- Kami akan memasak nasi => (We will cook rice).
- Mereka akan memasa nasi => (They will cook rice).
- Dia (perempuan) akan memasak nasi => (She will cook rice.)
- Dia (laki-laki) akan memasak nasi => (He will cook rice)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar